Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

RSS

Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Wonosobo

                                


Dharma Wanita Persatuan (DWP) merupakan sebuah organisasi yang bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan anggota dan keluarganya melalui peningkatan kualitas sumber daya anggota dan mendukung tercapainya tujuan nasional berdasarkan Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945. Organisasi istri Pegawai Negeri Sipil (PNS) Republik Indonesia ini, ditetapkan dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa Dharma Wanita pada 7 Desember 1999.

Tugas pokok Dharma Wanita Persatuan:
1. Membina anggota dan memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak, serta meningkatkan kepedulian sosial.
2. Melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian serta berbudi pekerti luhur.

Visi: 
Menjadi organisasi istri PNS yang kukuh, bersatu, dan mandiri.

Misi:
Menyejahterakan anggota melalui Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi, dan Bidang Sosial Budaya.

Dalam mencapai visi dan misi di usianya yang ke-13 tahun tersebut, berbagai kegiatan dilaksanakan DWP. Mulai dari sosialisasi, bakti sosial, hingga mengadakan seminar. Kegiatan yang dilaksanakan DWP seperti melaksanakan sosialisasi program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) sebagai bukti kerjasama dengan Kementrian Kesehatan; sosialisasi pemahaman Bela Negara sebagai bukti kerjasama dengan Kementrian Pertahanan, dan sosialisasi kewirausahaan sebagai bukti kerjasama dengan Kementrian Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah). 

Di Kabupaten Wonosobo, DWP turut berkiprah dalam upaya pembangunan daerah. Organisasi di bawah pimpinan Hj. Wati Eko Sutisno Wibowo, memiliki program kerja yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya anggota, disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat. 

Kegiatan yang dilaksanakan DWP Kabupaten Wonosobo meliputi kegiatan yang mengikutsertakan masyarakat, seperti sosialisasi mencuci tangan kepada sejumlah Taman Kanak-kanak (TK) di Wonosobo untuk membudayakan cuci tangan saat akan dan usai melakukan aktivitas. 



DWP Kabupaten Wonosobo juga mengadakan olahraga rafting di Sungai Serayu, sebagai upaya promosi dan memperkenalkan potensi pariwisata khususnya wisata arung jeram pada anggotanya. Dengan melibatkan puluhan anggotanya secara langsung, diharapkan mereka bisa mengetahui secara nyata tantangan maupun manfaat yang bisa diperoleh dari wisata olahraga air ini. Selain itu, diharapkan setelah melakukan rafting, nantinya mereka bisa menyebarluaskan pengalaman pada kerabat maupun masyarakat, bahwa Wonosobo memiliki potensi wisata cukup besar untuk dikembangkan.



Pelatihan Sulam Pita oleh PKBM Cemerlang di Gedung Wanita yang diikuti 50 orang pengurus dan anggota DWP Kabupaten Wonosobo, menambah deretan kegiatan yang diadakan DWP Kabupaten Wonosobo. Pelatihan ini sengaja diberikan, agar para anggota mampu mengembangkan keterampilan di rumah masing-masing.





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar