Diberdayakan oleh Blogger.

Pages

RSS

Pariwisata Wonosobo

Dataran Tinggi Dieng


Dieng berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu "Di" yang berarti tempat tinggi dan "Hyang" yang berarti kahyangan. Maka, Dieng berarti daerah pegunungan tempat para dewa dan dewi bersemayam. Dataran tinggi yang terletak di Wonosobo bagian utara ini, terletak di atas ketinggian 2.093 m dpl dan memiliki udara yang sejuk dengan suhu antara 10-15°C. 

Dieng juga dapat diartikan dalam bahasa Jawa "Adi tur Aeng", yang berarti indah dan unik. Berdasarkan pengertian tersebut, Dieng memiliki kelebihan dan perbedaan sendiri dibanding obyek wisata lain.

Terdapat beberapa candi di Dieng yang merupakan Candi Hindu terdua di Indonesia, antara lain Candi Semar, Candi Arjuna, Candi Sembadra, Candi Puntadewa, dan Candi Srikandi.

Telaga Warna



Tersembunyi dibalik barisan bukit, tidak membuat Telaga Warna sepi dari pengunjung. Terhampar luas ketenangan air berwarna coklat, hijau, dan biru. Rimbunnya hutam rimbun yang masih perawan menambah keelokkan salah satu ikon pariwisata di Wonosobo ini. 

Tidak hanya dimanjakan dengan keindahan Telaga Warna, pengunjung juga akan diberikan keindahan Telaga Pengilon yang terletak tidak jauh dari kawasan Telaga Warna. Selain itu, banyak wahana-wahana menarik yang perlu dicicipi pengunjung di sana.

Desa Wisata Wora-wari



Desa wisata alami yang menawarkan keindahan alam eksotis. Desa ini terletak di bagian barat Kabupaten Wonosobo, tepatnya di Kecamatan Sukoharjo. Tidak diragukan lagi, keindahan alamnya masih sangat asri dan terjaga, menjadi piihan tepat untuk kunjungan hiburan atau refreshing nuansa alam.

Desa wisata Wora-wari menawarkan keindahan alam seperti Gunungkarang dan Sungai Tulis. Tari tradisional Wonosobo, Lengger, juga dapat dijumpai di desa itu.

Kawah Sikidang 



Kawah vulkanis aktif di Dieng Plateau yang mengandung sulfur dengan tempat berpindah-pindah, sehingga diperumpamakan seperti Kidang (Kijang).

Gunung Sikunir



Gunung Sikunir merupakan satu dari sekian banyak gunung yang mengelilingi Dataran Tinggi Dieng. Ketinggian 2.350 m dpl. Terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. 

Menyaksikan matahari terbit dari ufuk timur, bukanlah sesuatu hal yang luar biasa. Berbeda dengan pengalaman menanti bangunnya sang surya dari atas Gunung Sikunir. Momen menyaksikan terbitnya mentari dari Negeri Ajaib di Pulau Jawa.

Masih banyak pilihan destinasi wisata di Wonosobo. Ada Dieng Plateau Theatre, Goa Sumur dan Goa Jaran, Tuk Bima Lukar, Telaga Menjer, Taman Rekreasi dan Olahraga Kalianget, Gardu Pandang Tieng, Agrowisata Tambi, Air Terjun Sikarim, Air Terjun Curug Winong, Taman Rekreasi Tirta Ria, dan Gelanggang Renang Mangli

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar